Senin, 12 Februari 2018

Turunan dalam ruang Dimensi



Turunan dalam ruang Dimensi-n
Erwingea_pendfis16'_fsmuksw
 
Kutipan :
Langraen merupakan puncak pyramid dari ilmu-ilmu matematika. Napoleon Bonaparte Nakhoda besar analisis modern adalah Lagrange, Laplace dan Gauss, yang sebaya. (W.W.R.Ball)


turunan dalam ruang berdimensi-n
Gambar 1. Josep Louis Lagrange

Lahir di Turin, Lagrange adalah campuran turunan Italia dan Perancis. Ayahnya kaya, belakangan dalam hidupnya, lagrange menyebutnya ini sebagai bencana yang mengutungkan karena ‘’jika saya mewarisi kekayaan mungkin saya tidak akan mempertaruhkan nasib saya dengan matematika’’.

Berpaling pada matematika dengan membaca sebuah esey tentang kalkulus, dengan cepat ia menguasai subjek tersebut. Pada usia 19 tahun, ia memulai karyanya, mungkin terbesar. Mecanique analityque, walaupun tidak diterbitkan sampai usianya 52 tahun. Karena ketidakadanya diagram-diagram yang lengkap, komposisi terpadum menyebabkan Halmiton menyebut buku ini sebagai suatu’’sajak ilmiah’’.

Pada waktu lagrange mengiri beberapa hasilnya kepada Euler, matematikawan terkenal itu segera mengenali kecermelangan orang muda tersebut dan menunda menerbitkan beberapa karyanya sendiri yang bekaitan agarlah Lagrangelah yang dapat menerbitkan pertamakali-sebuah contoh langka tentang sigat tak mementingkan diri sendiri akademisi.
Karir Lagrange sangat termasyur, termasuk 20 tahun sebagai matematikawan istana Frederick yang agung di Berlin dan kemudian kemahaguruan yang pertama di Ecole Normale di Pariss. Selama masa revolusi, ia merupakan favorit dari Maria Antoinette dan kemudian dari Napoleon. Di Paris, ia membantu meyempurnakan system numerik tentang berat dan ukuran.
Sumbangan matematisnya sangat banyak, dan temrasuk metode pengali Lagarange yang dibahas dalam bab ini.


Erwin gea
cintailah buku agar kamu tidak buta dikemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar