Senin, 12 Februari 2018

penggagas kalkulus vektor



Kalkulus Vektor

Erwingea_pendfis16'_fsmuksw
Kutipan :
Matematika adalah ratu dari ilmu dan ilmu hitung (aritmetika) adalah ratu dari matematika. Ia sering berkenan merendahkan diri menyumbang kepada astronomi dan ilmu alam lainnya, tetapi dalam semua hubungan ia berhak mendapat peringkat pertama, tetapi perlu di apresiasikan ilmu dalam fisika (C.F.Gauss di edit oleh E.H.Gea)


Gambar 1. Carl Friedrich Gauss

Gauss telah disebut matematikawan sejak Newton dan dikenal dikalangan sebayanya sebagai Pangeran Matematikawan. Untunglah, kejeniusannya dikenali di sekolah dasar. Satu cerita mengatakan pada usia 10 tahun ia mangacaukan gurunya dengan menjumlahkan bilangan-bilangan bulat 1 sampai 1000 hampir secara seketika (ia memakai suatu akal sederhana). Pada usia 15 tahun, ia mulai menjamu gagasan tentang geometri non Euclidis; pada usia 18 tahun, ia menciptakan metode kuadart terkecil; dan pada usia 19 tahun, ia merampungakan suatu pertanyaan yang berumur 2000 tahun dengan membangun sebuah polygon 17 sisi dengan memakai penggaris dan kompas.
Gauss menghabiskan hampir seluruh hidupnya di observatorium astronomi di Gottingen, sebuah kota kecil di jantung jerman. Di sana ia membangun suatu tradisi matematis, yang segera membuat Gottingen dan Universitasnya sebagai pusat matematika dunia, suatu tradisi yang berakhir sampai Hitler membubarkan ketenarannya, tetapi sebagai karena staf Yahudi.

Gauss menyumbang kepada banyak cabang matematika. Tesis doktoralnya selesai tahun 1799 memberikan bukti yang pertama dari Teorema Dasar Aljabar. Karya klasiknya Disquisitiones Arithmeticele tahun 1801 merupakan buku yang paling berpengaruh tentang bilangan sepanjang masa. Dalam kalkulus, karyanya yang menonjol pada permukaan melekung termasuk Teorema Kedivergenan, yang muncul dalam bab ini.
Seperti Newton, yang sangat dikaguminya, Gauss menerapkan matematika pada masalah-masalah didunia fisis, khusunya dalam astronomi dan fisika. Karyanya dalam kemagnetan, sekarang diakui dengan memberi satuan gauss suatu ukuran kekuatan medan.

Erwin Gea
Hidup dalam kemewahan belum tentu hidup dalam kebahagiaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar