Sabtu, 10 Februari 2018

penggaga Geometri Pada Bidang dan Vektor



Penggagas Geometri Pada Bidang dan Vektor
Erwingea_pendfis16’_fsmuksw
Kutipan syair :
Seorang wanita yang cakap dalam berbagai hal terkenal sebagai matematikawan, ahli Bahasa, ahli Filsafat, dan suka berjalan dalam keadaan tidaur (Howard Eves)

 
Gambar 1. Maria Gaetana Agnesi

Hanya dua wanita muncul dalam daftar nama kehormatan kalkulas kita. Kurangnya perwakilan dari wanita mencerminkan suatu prangsaka yang telah lama ada di Eropa Barat dan berlanjut hingga abad ini. Jarang sekali wanita didorong untuk mengejar keunggulan akademis dan mereka yang melakukan biasanya merasakan bahwa karir akademis dihalagi untuk mereka. Untunglah beberapa orang tetap bertahan meskipun ada halangan-halangan tersebut.
Salah seorang yang demikian adalah Marana  Gaetana Agnesi. Yang tertua di antara 21 anak, ia dilahirkan dalam keluarga Italia kaya dan terpelajar dan mempunyai seorang ayah matematikawan. Sorang anak yang luar biasa kepandaianya, ia menguasai Bahasa latin, Yunani, Yahudi, dan beberapa buku ajar kalkulus. Untuk masanya,  sungguh-sungguh mengagumkan dan merupakan buku ajar kalkulkus luas yang pertama sejak karya dini dari I’Hopital. Buku itu memberikan banyak kehormatan, termasuk pengakuan oleh Kaisar Maria Theresa dan Paus Benedict XIV.
Nama Agnesi menguasai suaru tempat dalam kepustakaan matematika melalui sumbangan kecil Maria-pembahasanya tentang kurva yang kemudian dikenal sebagai bersiera, yang berasal dari Bahasa Latin Vertere, membalik. Sekarang kurva itu dikenal sebagai sihir dari Agnesi,  karena versiera dalam Bahasa Italia berarti iblis betina.
Pada peringatan serratus tahun meninggalnya, Milan menghormati Agnesi dengan memberi nama sebuah jalan atas Namanya. Sebuah batu pertama di bagaian gedung Louogo Pio bertuliskan ‘’terpelajar dalam Matematika, Keagungan Italia dan abadnya.


Erwin Gea
Ilmumu buat yang membutuhkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar