Teknologi Bagi Pemelajar
Yang Beraneka Ragam
Erwingea_pendfis16’_fsmuksw
Teknologi
memainkan peranan penting dalam pendidikan siswa yang memiliki kekhususan.
Teknologi dan media yang sesuaikan dan dirancang secara khusus bisa memberi
kontribusi bagi pengajaran yang efektif dari seluruh siswa yang bisa membantu
mereka meraih potensi tertinggi mereka, terlepas dari kemampuan bawaan mereka
itu.
Anak-anak
dengan ketidakmampuan secara khusus membutuhkan intervensi pengajaran khusus.
Sebagai dari proses inklusi, jumlah siswa dengan ketidakmampuan diruang kelas
umum telah meningkat. Anak-anak dengan ketidakmampuan mental memiliki
kesempatan lebih besar untuk belajar ketika dihadirkan situasi belajar yang
sangat terstruktur. Struktur menggantikan pengetahuan sebelumnya yang kurang
terstruktur yang mengubah kemampuan mereka dengan menyertakan pesan kedalam
gagasan mental yang tidak lazim. Para
siswa tersebut mengambil manfaat karena mendapatkan manfaat jauh lebih banyak
pesan yang diletakkan dalam konteks yang sudah mereka akrabi.
Siswa
yang pendengaran atau penglihatannya memiliki kekurangan akan membutuhkan jenis
bahan-bahan belajar yang berbeda-beda. Penekanan harus diberikan untuk audio
bagi siswa dengan hambatan penglihatan daripada untuk para siswa lainnya.
Menyesuaikan pengajaran untuk semua kelompok khusus membutuhkan pengandaian
pada teknologi dan media serta peralatan yang tepat agar sesuai dengan tujuan
yang spesifik. Banyak guru telah banyak menemuakn bahwa strategi-strategi
bantuan tersebut menguntungkan bagi siswa yang memiliki ketidakmampuan.
Teknologi
bantuan dapat dikelompokkan menjadi teknologi rendah , sedang, atau teknologi
tinggi. Teknologi rendah tidak menggunakan kelistrikan ; yaitu tidak perlu
dicolok dan tidak juga membutuhkan baterai. Sebagai, misal sebuah kaca pembesar untuk memperbesar
bahan-bahan cetakan bagi siswa yang
terhambat secara penglihatan digolongkan
teknologi pembantu berteknologi rendah. Teknologi menegah membutuhkan
kelistrikan. Buku mini berpendar untuk meningkatkan pencahyaan contoh teknologi
menengah. Teknologi tinggi melibatkan penggunaan komputer pembaca kurzweil
merupakan contoh contoh dari teknologi pembantu berteknologi tinggi.
Pemelajar
yang beraneka ragam juga meliputi siswa yang berbakat dan berkemampuan luar-biasa
yang sebagai misal, bisa memangfaatkan koran, kabar berkala, DVD, atau dokumen
kearsipan untuk menelusuri topik selain dari apa yang dipahami oleh siswa lain
dalam kelas. Mereka juga bisa menggunakan internet untuk mecari informasi baru
atau terlibat dalam’’obrolan’’ langsung dengan penulis yang bukunya sedang
dibaca, dalam kelas atau dalam atau senator
negara bagian yang akan memberikan suara mengenai masalah lingkungan
yang sendang dibahas. Mereka bisa meminta untuk menganalisis informasi yang mereka
dapatkan dan untuk membat presentasi dihadapan para siswa lainnya, mungkin
menggunakan power point, atau mereka bisa memasang temuan temuan mereka
dihalama situs web kelas.
para siswa berkebutuhan khusus
Di
situs web teknologi untuk pendidikan (http://www.tfeinc
). Guru dan orang tua bisa mencari berdasarkan nama kategori,vendor,atau produk
untuk ratusan perangkat pembantu. Untuk informasi lebih lanjut lihat
fitur-fitur teknologi untuk pembelajar yang beraneka ragam.
ERWIN GEA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar