Rabu, 14 Februari 2018

teknologi bagi para siswa berkebutuhan khusus



Teknologi Bagi Pemelajar Yang Beraneka Ragam
Erwingea_pendfis16’_fsmuksw

            Teknologi memainkan peranan penting dalam pendidikan siswa yang memiliki kekhususan. Teknologi dan media yang sesuaikan dan dirancang secara khusus bisa memberi kontribusi bagi pengajaran yang efektif dari seluruh siswa yang bisa membantu mereka meraih potensi tertinggi mereka, terlepas dari kemampuan bawaan mereka itu.
                Anak-anak dengan ketidakmampuan secara khusus membutuhkan intervensi pengajaran khusus. Sebagai dari proses inklusi, jumlah siswa dengan ketidakmampuan diruang kelas umum telah meningkat. Anak-anak dengan ketidakmampuan mental memiliki kesempatan lebih besar untuk belajar ketika dihadirkan situasi belajar yang sangat terstruktur. Struktur menggantikan pengetahuan sebelumnya yang kurang terstruktur yang mengubah kemampuan mereka dengan menyertakan pesan kedalam gagasan mental  yang tidak lazim. Para siswa tersebut mengambil manfaat karena mendapatkan manfaat jauh lebih banyak pesan yang diletakkan dalam konteks yang sudah mereka akrabi.
                Siswa yang pendengaran atau penglihatannya memiliki kekurangan akan membutuhkan jenis bahan-bahan belajar yang berbeda-beda. Penekanan harus diberikan untuk audio bagi siswa dengan hambatan penglihatan daripada untuk para siswa lainnya. Menyesuaikan pengajaran untuk semua kelompok khusus membutuhkan pengandaian pada teknologi dan media serta peralatan yang tepat agar sesuai dengan tujuan yang spesifik. Banyak guru telah banyak menemuakn bahwa strategi-strategi bantuan tersebut menguntungkan bagi siswa yang memiliki ketidakmampuan.
                Teknologi bantuan dapat dikelompokkan menjadi teknologi rendah , sedang, atau teknologi tinggi. Teknologi rendah tidak menggunakan kelistrikan ; yaitu tidak perlu dicolok dan tidak juga membutuhkan baterai. Sebagai, misal  sebuah kaca pembesar untuk memperbesar bahan-bahan cetakan  bagi siswa yang terhambat secara penglihatan  digolongkan teknologi pembantu berteknologi rendah. Teknologi menegah membutuhkan kelistrikan. Buku mini berpendar untuk meningkatkan pencahyaan contoh teknologi menengah. Teknologi tinggi melibatkan penggunaan komputer pembaca kurzweil merupakan contoh contoh dari teknologi pembantu berteknologi tinggi.
                Pemelajar yang beraneka ragam juga meliputi siswa yang berbakat dan berkemampuan luar-biasa yang sebagai misal, bisa memangfaatkan koran, kabar berkala, DVD, atau dokumen kearsipan untuk menelusuri topik selain dari apa yang dipahami oleh siswa lain dalam kelas. Mereka juga bisa menggunakan internet untuk mecari informasi baru atau terlibat dalam’’obrolan’’ langsung dengan penulis yang bukunya sedang dibaca, dalam kelas atau dalam atau senator  negara bagian yang akan memberikan suara mengenai masalah lingkungan yang sendang dibahas. Mereka bisa meminta untuk menganalisis informasi yang mereka dapatkan dan untuk membat presentasi dihadapan para siswa lainnya, mungkin menggunakan power point, atau mereka bisa memasang temuan temuan mereka dihalama situs web kelas.


 para siswa berkebutuhan khusus

                Di situs web teknologi untuk pendidikan (http://www.tfeinc ). Guru dan orang tua bisa mencari berdasarkan nama kategori,vendor,atau produk untuk ratusan perangkat pembantu. Untuk informasi lebih lanjut lihat fitur-fitur teknologi untuk pembelajar yang beraneka ragam.
  

ERWIN GEA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar