Minggu, 11 Februari 2018

penggas irisan kerucut



Penggagas Irisan Kerucup (konik) dan koordinat kutub
Erwingea_pendfis16’_fsmuksw
Kutipan:
Sasaran utama dalam penyelidikan tentang dunia luar seharusnya menemukan urutan rasional dan keserasian yang telah ditekankan padanya oleh Tuhan dan yang Ia ungkapkan kepada kita dalm Bahasa Matematika kepenerapanya diberbagai displin Ilmu (J.Kepler)
Gambar 1. Johannes Kepler
Johanes Kepler lahir di Weil, Jerman, mempunyai seorang anak pemabuk. Sewaktu  kecil ia kena cacar, yang menyebabkan tanganya lumpuh dan penglihatanya yang buruk. Kesulitan-kesulitan menimpa kepler selama hidupnya. Istri pertama dan beberapa anaknya meninggal dunia. Ibuhnya dituduh sebagai ahli sihir dn kepler menderita penganiayaan selama pergolakan keagamaan waktu itu. Di samping semua ini, ia sering digangu oleh penghasilan yang tidak mencukupi. Namun, iatetap bertahan dalam karya ilmiahnya dengan ketaatan dan daya khayal.
Di universitas Tubingen, ia mempelajari matematika dan astronomi. Ditunjuk sebagai asisten pada Tycho Brahe di observatorium Praha, ia memperoleh data yang cermat mengenai orbit-orbit dari planet. Ia yakin bahwa Tuhan telah merancang dunia in secara estetika menyenangkan dan dengan jalan sederhana secara matematis. Pandangan ini menariknya ke keindahan dan kesetasian system heliosentris dari Copernikus, yang meletakkan matahari sebagai pusat alam semesta dan bukannya bumi.
                Sumbangan Kepler yang terbesar adalah tiga hukum yang berhubungan, dengan gerakan planet (1) planet-planet bergerak dalam lintasan yang berupa elips elips dengan matahari pada satu fokusnya. (2) garis dari matahari keplanet membentuk luas sama dalam waktu sama, dan (3) kuadrat periode kitaran sebanding dengan pangkat tiga dari garis-garis tengah utama. Hukum-hukum ini, yang dihipotesiskan oleh Kepler berdasarkan pengamatan dan keperluan estetika, belakang di perlihatkan oleh Isacc Newton sebagai akibat dari hukum kuadrat balikan dari tarikan antara dua masa.

Erwin Gea
Ilmumu sumbangsih untuk kemajuanmu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar