Selasa, 13 Februari 2018

cerita singkat tentang einstein



CERITA SINGKAT TENTANG EINSTEIN
Erwingea_pendfis16'_fsmuksw 

Kutipan :

Menjadi ilmuwan bukan berarti menjadi hebat tetapi menjadi ilmuwan berarti menjadi pelayan buat orang banyak.


Eintein telah mengubah pandangan kita tentang alam semesta meski meninggal dalam kegagalan. Teorinya tentang Relativitas telah menjadikannya sebagai seorang pemikir terbesar sejak Newton. Teori Relativitas meruntuhkan pandangan kita tentang ruang dan waktu serta mengarahkan kita pada suatu dunia yang sebelelumnya tidak bisa dibayangkan, rumus teori ini, yaitu
Rumus ini menunjukkan bahwa materi dapat diubah menjadi energi, menjadi penjentus jaman Nuklir. Ia juga memberikan sumbagan terbesar kepada teori kuantum. Tetapi Eintein akhirnnya tidak bisa menerima impilikasi dari penemuan-penemuannya terutama dalam teori kuantum. Akibatnya ia menyia-nyiakan waktu lebih seperempat abad untuk mencari teori yang menyeluruh.
Selama paruh terakhir hidupnya, Eintein begitu menjadi terkenal sebutan ‘’jenius terbesar didunia’’ menjadi akrab ditelingannya. Ia menerima julukan ini dengan penuh rasa syukur dan menggunakanya untuk berkampanye tanpa kenal Lelah melawan antisemitisme dan penggunaan senjatan nuklir. Eintein adalah gambaran klise seorang jenius yang linglung. Ia sangat ambisius, sadar akan kemampuannya yang luar biasa, dan tokoh yang sangar tragis. Bagi dia, penghargaan social yang diterimanya tidak begitu mempengaruhinya dibandingkan dengan kegagalannya dalam menjelaskan cara kerja alam semesta dengan teori medan tunggalnya.


Kronologi kehidupan sang ilmuwan terbesar;

Einstein lahir di Ulm salah satu ditempat di Jerman, keluarganya pindah ke Italia dengan meninggalkan Einstein yang masih muda di Munich, Jerman, lalu pindah ke Swiss untuk menyelesaikan studinya diploma. Lulus di Zurih Polytehnic, dan menjadi warga Swiss. Di Swiss dia menikah dengan seorang perempuan Namanya Mileva Maric tetapi dia tidak mempedulikan kehidupan keluarganya karena matematika dan fisika menjadi bahan perhatianya setiap hari, selang beberapa tahun kemudian Einstein menerbitkan tiga karya istimewahnya yaitu karya yang menghebohkan seluruh bumi, salah satunya adalah karya relativitas umum dan khusus. Setelah dia menerbitkan karyanya dia ditunjuk sebagai biro urusan paten di Berne dan berselang 4 tahun dia mengundurkan diri. Kemudian pada tahun 1914 ia menjadi orang penting di Berlin yaitu direktur fisika di Kaiser Wilhelm Institute, berselang 2 tahun kemudian ia menerbitkan karya ilmiah tentang relativitas umum. Pada tahun 1919 dia bercerai dengan mileva dan menikah lagi beberapa bulan dengan sepupunya setelah bercerai dengan istrisnya Mileva; nama sepupunya Elsa Lowenthal, pada tahun yang sama juga teori relativitasnya terbukti dan membuatnya sangat terkenal dan menjadi ilmuwan terkenal serta mendapatkan hadiah Nobel Fisika untuk ilmu Fisika, pada tahun 1929-1933 dia menerbitkan vesi pertama untuk teori medan tunggal serta berimigrasi ke Amerika Serikat setelah mendapatkan acaman pembunuhan oleh Nazi; dan pada rentang waktu yang sama juga di menduduki jabatan tetap sebagai Institute for Advanced Study di Pricento. Rentang beberapa tahun kemudian Einstein mempelajari pembelahan atom, dan menjadi warga Amerika serikat serta bertentangan dengan pemimpin negara USA President Roosevelt. Pada tahun 1946 masa yang penuh pergolakan didunia dan dia diberikan gelar sebagai ‘’makhluk konyol’’ karena dia bersih keras berkampanye menolak ataupun anti nuklir. Dan pada tahun 1950 dia dicela oleh senator Joseph McCarthy hingga pada akhirnya meninggal di Princeton dalam usia tujuh puluh satu tahun pada tahun 1955. Demikianlah kronologi kehidupan ilmuwan terbesar didunia hingga akhir hayatnya, tanpa teorinya dan gagasan serta relativitasnya kita tidak bisa menikmati zaman yang semakin maju serta perubahan teknologi yang berkembang setiap saat.

Erwin Gea

Tidak ada komentar:

Posting Komentar