Minggu, 11 Maret 2018

Phubbing dalam Era Teknologi

Phubbing Dalam Era Teknologi
Erwingea_pendfis16'_fsmuksw
Artikel ini dibuat berdasarkan prinsip ilmu dan kejadian yang sering terjadi dilingkungan kita sehari-hari, selanjutnya artikel ini dibuat sebagai tugas dalam MKU Bahasa Indonesia, UKSW. Secara singkat artikelnya menginformasikan kepada para pembaca bahwa dalam Phubbing secara tidak langsung dalam kehidupan sehari-hari sering kita lakukan dan hal itu menjadi perhatian bersama agar lebih bisa mengurangi Phubbing.

         Fenomena Phubbing sering kita temui dalam kehidupan kita sehari-hari bahkan sering kita lakukan secara langsung baik sadar maupun tidak sadar. Kebanyakan orang (anak-anak, remaja, orang dewasa) tidak lagi berfokus pada dunia maupun lingkungan mereka, keberfokusan mereka teralihkan kepada benda-benda yang berhubungan dengan alat elektronik seperti SmartPhone yang semakin hari semakin berkembang pesat. Mereka berfokus pada Gadget mereka masing-masing yang seakan-akan menjadi kebutuhan pokok dan fenomena Phubbing sering ditemui diberbagaimana tempat.
          Untuk kata Phubbing sendiri berasal dari kata ''Phone'' dan ''Snubbing'' atau dapat diistilahkan sebagai sebuah tindakan yang dilakukan sehingga membuat individu acuh dan tidak mau mengerti dengan lingkunganya karena berfokus pada benda elektroniknya (Gadget), sehingga hal itu seseorang tidak dapat berinteraksi secara sosial dan membangun sebuah komunitas sosial. Dampak dari Phubbing ini cukup serius diantaranya putusnya hubungan keluarga yang harmonis, pertemanan yang kurang berelasi serta mengurangi tingkat kepercayaan diri seseorang yang melakukan Phubbing.

            Gambar 1. Kegiatan Phubbing 

Jadi apa yang harus kita lakukan untuk menghindari phubbing atau  menjadi korban phubbing?
  • Introspeksi bagaimana perilaku kita sendiri ketika menggunakan gadget. Miliki rasa empati pada orang lain yang sedang bersama kita saat itu.
  • Jika teman di facebook atau posting di instagram lebih menarik daripada teman yang duduk bersama anda saat ini, untuk apa anda berada bersama di sini?
  • Biasakan untuk menyetel gadget menjadi silent mode ketika kita akan bertemu dengan teman atau rekan kerja.
  • Taruh gadget dalam tas atau kantong baju daripada ditaruh di atas meja agar tidak tergoda untuk melirik ke layar gadget setiap dua menit.
  • Jika ada telepon penting yang masuk, minta izinlah pada lawan bicara anda sebelum menerima telepon itu.
  • Jangan mengeluarkan dan menggunakan gadget ketika sedang melamar kerja atau diinterviu. Bisa jadi anda akan kehilangan kesempatan karena dengan lebih tertarik pada gadget, jelas akan mengurangi penilaian.
referensi :
http://patahtumbuh.com/id/phubbing-arti-dan-cara-mengatasi

review dari hasil karya
  1. Marcellyna Purede (802017039) 
  2. Lourenzia Putri S.P (8020170043)
  3. Yosua Julian T (802017046)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar