Selasa, 06 Maret 2018

indigo dan perspektif Psikologi

Memahami Indigo dalam Bidang  Psikologi
Erwingea_pendfis16'_fsmuksw
         Sebelum kita mengupas tentang Indigo kita harus tahu dan mengerti apa pengertian indigo. Indigo itu merupakan  istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan seseorang (anak, maupun orang dewasa) yang diyakini memiliki kemampuan atau sifat yang spesial, tidak biasa dan bahkan supranatural. Banyak orang yang menganggap bahwa orang Indigo selalu dikait-kaitkan dengan hal-hal mistis atau paranormal. Padahal, kemampuan mereka itu asalnya dari daya otak yang mampu bekerja lebih dibandingkan manusia pada umumnya. Hingga akhirnya mereka pun bisa memiliki kemampuan seperti telepati, mendapatkan vision atau pandangan,dan dapat menperdiksi suatu kejadian atau suatu peristiwa yang belum terjadi dengan menggunakan intuisi yang kuat serta daya kepekaan terhadap lingkungannya.
        Dalam pembahasan ini kita di ajak untuk memahami dari sisi psikologi yang dibahas oleh mahasiswi psikologi UKSW (Monica. G.R dkk.) dalam hasil review artikel/jurnal mereka pada laman https://bppmpsikomedia.wordpress.com/2013/11/19/memahami-indigo-dalam-bingkai-psikologi/.  secara umum ada beberapa sifat atau ciri Indigo yang secara umum dapat dituliskan dibawah ini :
  • Memiliki IQ tinggi
  • Memiliki peraturan sendiri
  • Tubuh yang sifatnya bisa tahan uji akan hadirnya indera keenam
  • Kemampuan Tepati 
  • Sifat emosional yang tinggi 
  • Memiliki kepribadian memperdiksi yang tinggi, dll 




Gambar 1. Contoh orang yang memiliki intusi secara luas(Indigo)
memikirkan tentang alam semesta 
''hasil reviewnya'' 
     Sesuai pembahasan-reviewers mereka, Indigo di representasikan dari cakra mata ketiga, yaitu memiliki suatu energi untuk melakukan aktifitasnya secara psikis dan bersifat terbuka. Dalam hal ini pemeriksaan Indigo dapat diketahui dengan pemeriksaan sidik jari, EEG, dan DNA serta dapat pula dilakukan dengan pemeriksaan melalui foto aura (orang yang dianggap indigo). Penemuan Indigo baru di temukan pada 1980an, dan hingga saat ini banyak dilakukan penelitian pengaruh yang menyebabkan seseorang bisa memiliki kelebihan yakni seorang ''Indigo'' yang dilakukan secara ilmiah.
      Salah seorang psikolog menjelaskan seseorang (anak/orang dewasa) indigo memiliki beberapa karakteristik diantaranya kemauan yang kuat, intuisi, serta dapat mengandalkan kemampuan lebih dalam memprediksi lingkungannya atau dikenal sebagai ESP (Extra Sensory Perception).
ESP (Extra Sensory Perception) inilah seorang yang Indigo akan dapat meramal dan melihat masa depan.
        Tujuan dari artikel mereka adalah untuk memberikan informasi mengenai fenomena Indigo yang masih sangant tabuh kepada masyarakat luas untuk bisa dipahami dan mengerti bahwa indigo dalam perspektif psikolog. serta untuk para pembaca yang beranggapan bahwa orang Indigo adalah orang yang bersifat dukun, menguasai ilmu gaib, disarankan harus dapat berhati-hati dalam menilai/mengambil kesimpulan tentang seseorang yang mengalami indigo. 

Muncul suatu pertanyaan ? perbedaan Indigo-Paranormal

para normal adalah seseorang yang mempunyai kemampuan lebih di peroleh dari aktifitas seperti berpuasa, memiliki-belajar mantera, mempunyai kemampuan yang asalnya dari makhluk lain, semua kebebihannya tidak dimiliki sejak dia lahir
Idigo adalah istilah yang diberikan kepada seseorang (biasanya anak) yang memiliki kemampuan supranatural, spesial, kelebihan dari kemampuan orang lain  (muncul sendiri dalam kehidupannya/alami)

kutipan penulis 
''penilaian akan sesuatu aspek dalam hidup harus diperhatikan dan dianalisis dengan seksama''

review dari hasil karya 
  1. Monica G.R. Konjogian (802017047)
  2. Dessy M. Aruperes (802017055)
  3.  Maria D.T. Mandagi (802017185)
(ketiganya mahasiswa Psikologi UKSW) Di publish oleh :
Erwin Hartama Gea



Tidak ada komentar:

Posting Komentar