Review JURNAL dengan
metode analisis isi jurnal
Erwingea_pendfis16'_fsmuksw
- Menurut kelompok kami judul jurnal ini sangat menarik karena topik pembahasan jurnal ini sangat dekat dengan ruang lingkup kami sebagai calon-calon pendidik khususnya mata pelajaran fisika dan setelah kami membaca secara keseluruhan, isi jurnal ini membahas topik yang sesuai dengan judul jurnalnya.
- Isi Jurnal
Jurnal ini berisi tentang panduan
yang dapat digunakan pengajar untuk memanfaatkan papan tulis yang sesuai dengan proses
berpikir (maha)siswa. Penyusunan dan uji keterbacaan modul untuk panduan
penggunaan papan tulis sudah dihasilkan. Modul yang telah dihasilkan memiliki
tingkat keterbacaan yang baik oleh subyek (pendidik) dan telah diuji tingkat
keterlaksanaannya dikelas. Keterlaksanaan modul tersebut dilihat dengan analisa
data yang dilakukan terhadap hasil instrument pengamatan, hasil catatan
(maha)siswa di buku catatan, dan hasil wawancara.
1.
Deskripsi
Penggunaan Papan Tulis
Aktivitas penggunaan papan tulis
oleh pendidik tentang cara menggunakan papan tulis yang baik dan benar
berdasarkan modul berupa ;
o
Pembagian
klaster papan tulis
o
Posisi
tubuh saat menulis
o
Adanya
penjelaskan sebelum menulis di papan tulis
o
Tidak
menulis bersamaan dengan visual lainnya
o
Isi
papan tulis sesuai dengan konsep Fisika
o
Ukuran
tulisan/gambar sesuai dengan ukuran kelas
o
Menulis
sambal mengeja
2.
Gambaran
Hasil Catatan (Maha)siswa
Hasil pengecekan terhadap catatan
(maha)siswa pada jurnal menunjukkan semua (maha)siswa menyalin utuh isi papan
tulis kedalam catatannya.
3.
Deskripsi
Hasil Wawancara (Maha)siswa
Papan
tulis telah digunakan sesuai modul panduan yang diujicobakan memberi dampak
positif terhadap pengolahan informasi pada (maha)siswa. Perubahan subyek ketika
menulis sambal mengejanya telah menjadi pengaruh positif, yaitu (maha)siswa
menjadi lebih mudah menerima informasinya.
Berdasarkan hasil penelitian pada
jurnal, modul penggunaan media pembelajaran Fisika berbasis fix-papan tulis
berdasarkan proses berpikir dapat diimplementasikan dalam pembelajaran fisika
di kelas.
- Inti Jurnal
1. Untuk
menunjukkan bahwa modul penggunaan media pembelajaran Fisika berbasis fix-papan
tulis berdasarkan proses berpikir dapat diimplementasikan dalam pembelajaran
fisika di kelas.
2. Untuk
mempermudah pendidik/pengajar dalam menuliskan materi di papan tulis tentang
kaidah dan cara penggunaan papan tulis yang baik dan benar serta sesuai dengan
pola pikir (maha)siswa.
- Manfaat yang kelompok kami peroleh setelah membaca artikel ini adalah kami jadi tahu bahwa proses penerimaan informasi oleh (maha)siswa dipengaruhi langsung oleh kesesuaian media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dengan proses berpikir (maha)siswa . Informasi lain yang juga kami peroleh adalah adanya beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat menggunakan papan tulis sebagai media ajar, contohnya pembagian klaster papan tulis, posisi tubuh saat menulis, Adanya penjelaskan sebelum menulis di papan tulis, tidak menulis bersamaan dengan visual lainnya, ukuran tulisan/gambar sesuai dengan ukuran kelas, dan menulis sambil mengeja.
karya
1. Aprisa Dewi Taungke (192016005)
2. Edward Ricard Pasedan (192016006)
3. Erwin Hartaman Gea (192016008)
4. Fasula Sekar Meta (192016002)
5. Septi Arya Rezky (192016001)
di Publish oleh Erwin Gea
kutipan '' menyatukan pendapat dalam satu tim bukanlah suatu perkara mudah tetapi menyatukan rasa kebersamaan saat itu juga sudah terasa''
referensi jurnalnya tercatum di halaman
''Artikel-SemNas2016_Wahyu Hari Kristiyanto_UKSW_Keterlaksanaan Modul''
Tidak ada komentar:
Posting Komentar