Selasa, 27 Februari 2018

KETERLAKSANAAN IMPLEMENTASI MODUL PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS FIX-PAPAN TULIS BERDASARKAN SKEMA DALAM PROSES BERPIKIR

Review JURNAL dengan metode analisis isi jurnal
Erwingea_pendfis16'_fsmuksw


  • Menurut kelompok kami judul jurnal ini sangat  menarik karena topik pembahasan jurnal ini sangat dekat dengan ruang lingkup kami  sebagai calon-calon pendidik khususnya mata pelajaran fisika  dan setelah kami membaca secara keseluruhan, isi jurnal ini membahas topik yang sesuai dengan judul jurnalnya.
  • Isi Jurnal
Jurnal ini berisi tentang panduan yang dapat digunakan pengajar untuk memanfaatkan  papan tulis yang sesuai dengan proses berpikir (maha)siswa. Penyusunan dan uji keterbacaan modul untuk panduan penggunaan papan tulis sudah dihasilkan. Modul yang telah dihasilkan memiliki tingkat keterbacaan yang baik oleh subyek (pendidik) dan telah diuji tingkat keterlaksanaannya dikelas. Keterlaksanaan modul tersebut dilihat dengan analisa data yang dilakukan terhadap hasil instrument pengamatan, hasil catatan (maha)siswa di buku catatan, dan hasil wawancara.

1.       Deskripsi Penggunaan Papan Tulis
Aktivitas penggunaan papan tulis oleh pendidik tentang cara menggunakan papan tulis yang baik dan benar berdasarkan modul berupa ;
o   Pembagian klaster papan tulis
o   Posisi tubuh saat menulis
o   Adanya penjelaskan sebelum menulis di papan tulis
o   Tidak menulis bersamaan dengan visual lainnya
o   Isi papan tulis sesuai dengan konsep Fisika
o   Ukuran tulisan/gambar sesuai dengan ukuran kelas
o   Menulis sambal mengeja

2.       Gambaran Hasil Catatan (Maha)siswa
Hasil pengecekan terhadap catatan (maha)siswa pada jurnal menunjukkan semua (maha)siswa menyalin utuh isi papan tulis kedalam catatannya.
3.       Deskripsi Hasil Wawancara (Maha)siswa
Papan tulis telah digunakan sesuai modul panduan yang diujicobakan memberi dampak positif terhadap pengolahan informasi pada (maha)siswa. Perubahan subyek ketika menulis sambal mengejanya telah menjadi pengaruh positif, yaitu (maha)siswa menjadi lebih mudah menerima informasinya.
Berdasarkan hasil penelitian pada jurnal, modul penggunaan media pembelajaran Fisika berbasis fix-papan tulis berdasarkan proses berpikir dapat diimplementasikan dalam pembelajaran fisika di kelas.


  • Inti Jurnal
1.    Untuk menunjukkan bahwa modul penggunaan media pembelajaran Fisika berbasis fix-papan tulis berdasarkan proses berpikir dapat diimplementasikan dalam pembelajaran fisika di kelas.
2.    Untuk mempermudah pendidik/pengajar dalam menuliskan materi di papan tulis tentang kaidah dan cara penggunaan papan tulis yang baik dan benar serta sesuai dengan pola pikir (maha)siswa.


  • Manfaat yang kelompok kami peroleh setelah membaca artikel ini adalah kami jadi tahu bahwa proses penerimaan informasi oleh (maha)siswa dipengaruhi  langsung oleh kesesuaian media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dengan proses berpikir (maha)siswa . Informasi lain yang juga kami peroleh adalah adanya beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat menggunakan papan tulis sebagai media ajar, contohnya pembagian klaster papan tulis, posisi tubuh saat menulis, Adanya penjelaskan sebelum menulis di papan tulis, tidak menulis bersamaan dengan visual lainnya, ukuran tulisan/gambar sesuai dengan ukuran kelas, dan menulis sambil mengeja.

karya 
1. Aprisa Dewi Taungke (192016005) 
2. Edward Ricard Pasedan (192016006) 
3. Erwin Hartaman Gea (192016008)
4. Fasula Sekar Meta (192016002)
5. Septi Arya Rezky (192016001)

di Publish oleh Erwin Gea

kutipan '' menyatukan pendapat dalam satu tim bukanlah suatu perkara mudah tetapi menyatukan rasa kebersamaan saat itu juga sudah terasa'' 


  referensi jurnalnya tercatum di halaman

''Artikel-SemNas2016_Wahyu Hari Kristiyanto_UKSW_Keterlaksanaan Modul''

Tidak ada komentar:

Posting Komentar